Cara Aktivasi Windows 10

      No Comments on Cara Aktivasi Windows 10

Edtekno.com – Bagaimana cara aktivasi windows 10? Mungkin pertanyaan ini yang muncul di benak agan sekalian saat membaca judul artikel ini. Sistem Operasi Komputer Windows cukup populer dan terus disempurnakan. Hingga saat ini mencapai seri windows 10 sebagai versi sistem operasi windows yang terbaru. Berikut ini beberapa cara aktivasi Windows 10.

aktivasi windows 10

Windows 10 Versi Demo

Harga lisensi resmi full windows 10 cukup mahal, yakni sekitar 100 USD lebih, ada juga yang menjual secara retail atau eceran dengan  harga ecer mulai dari 25 ribu Rupiah hingga 200 ribu Rupiah. Pilih penjual yang menyertakan DVD fisiknya beserta dengan lisensinya. Bagi yang telah memiliki lisensi Windows 7 dan windows 8 bisa upgrade ke Windows 10 dengan secara gratis. Namun Microsoft juga menyediakan versi demo Windows 10 yang bisa diunduh atau didownload secara gratis di website Microsoft.

Meski terdapat beberapa fitur yang tidak dapat digunakan, tapi secara keseluruhan, versi tersebut bisa bekerja dengan baik, tanpa perlu produk key. Pada saat diinstall jika muncul pop up meminta nomor lisensi bisa di skip saja. Hanya akan terdapat notifikasi secara terus menerus yang akan muncul pada saat online berupa watermark berisi permintaan untuk mengaktivasi window.

Batasan lain ialah pada versi demo tak bisa dilakukan Personalization sehingga wallpaper, juga warna aksen, dan lock screen, serta tema Windows tidak bisa diganti. Untuk ganti wallpaper supaya tidak bosan bisa dengan cara langsung klik kanan pada gambar lalu set sebagai wallpaper atau background.

Aktivasi Windows dengan Serial Number

Serial number atau nomor lisensi atau produk key menjadi syarat mutlak untuk aktivasi windows 10 secara penuh, baik itu windows 10 versi Home atau versi Entertainment atau versi Profesional. Serial number tersebut bisa didapatkan dengan cara membeli resmi dalam harga dollar atau harga ecer atau mencarinya di mesin pencari seperti search engine Google atau menggunakan aplikasi guna mengetahui serial numbernya.

Aktivasi product key atau lisensi resmi dilakukan secara online, sedangkan yang versi gratis  aktivasi harus dilakukan dalam kondisi offline. Putuskan sambungan internet dan juga matikan Windows Defender atau software anti virus lainnya seperti smadav atau norton dan lain sebagainya.

Berikut langkah-langkah cara aktivasinya.

  • Install software windows 10 di komputer
  • Pada saat muncul pop up meminta nomor lisensi maka masukkan saja nomor lisensi resminya atau skip dulu hingga seluruh proses instalasi windows 10 selesai.
  • Lalu masuk ke menu Settings dan lalu pilih menu Update & Security
  • Selanjutnya pilih tab Activation, hingga terlihat bahwa sistem operasi Windows 10 belum aktif
  • Kemudian klik menu change product key
  • Dan masukkan nomor lisensi Windows 10 yang sudah didapatkan 
  • Lalu Klik Next untuk aktivasi nya
  • Pastikan bahwa komputer terhubung dengan internet jika melakukan aktivasi dengan nomor lisensi resmi karena proses finalisasi aktivasi dengan product key atau serial number resmi tersebut memerlukan sambungan internet. Sedangkan jika aktivasi menggunakan lisensi number non resmi maka justru pastikan bahwa sambungan internet mati atau secara offline dan seluruh software anti virus telah dimatikan atau dinonaktifkan. Itu bedanya.
  • Sesudah itu, maka software Windows 10 pun telah teraktivasi dan bisa digunakan secara full.

Aktivasi Windows 10 dengan Aplikasi KMSPico

Aplikasi atau software KMSPico ialah merupakan suatu program aktivator yang dapat digunakan untuk mengaktivasi sistem operasi Windows dan Microsoft Office. Berikut ini adalah cara untuk melakukan aktivasi Windows 10 dengan mempergunakan software KMSPico.

  • Pertama-tama download aplikasi KMSPico versi yang terbaru dengan cara membuka website https://official-kmspico.com/.
  • Lalu matikan program antivirus yang terdapat pada komputer. Hal ini penting supaya software antivirus yang aktif tidak mengkategorikan aplikasi KMSPico sebagai suatu virus dan menghalangi kerjanya.
  • Khusus untuk pengguna antivirus Smadav maka juga harus memberikan izin untuk eksekusi Windows Script Host yang akan dibuat disable jika menggunakan software antivirus smadav. Caranya ialah klik kanan pada gambar icon Smadav yang ada di taskbar icon di sisi bagian kanan bawah, lalu klik Allow Windows Script & Office Macro secara Permanen  atau Allow Windows Script & Office Macro secara Until Restart.
  • Apabila memilih opsi Permanent, maka Windows Script Host nya akan diaktifkan secara enable selamanya, tapi apabila  memilih opsi Until Restart, maka pengaktifan Windows Script hanya akan berlaku sampai komputer melakukan restart ataupun dimatikan.
  • Kemudian ekstrak file software KMSPico yang telah tersimpan di directory pada komputer.
  • Lalu Klik kanan pada file KMSPico, dan pilih opsi Run as administrator.
  • Kemudian Klik pada tombol merah guna mengaktifkan Windows 10 sekaligus juga dengan Ms. Office yang telah diinstall pada komputer. 
  • Lalu tunggu beberapa saat hingga proses selesai  maka OS Windows 10 sudah bisa digunakan secara full.

 

Aktivasi Windows 10 dengan Aplikasi KMS Auto Lite

Aktivasi Windows 10 juga bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi atau software KMS Auto Lite.

Berikut ini langkah-langkah caranya.

  • Download terlebih dahulu software KMS Auto Lite nya bisa dari https://www19.zippyshare.com/v/qrtiuVhB/file.html 
  • Kemudian matikan program antivirus yang terdapat pada komputer. Hal ini penting supaya software antivirus yang aktif tidak mengkategorikan aplikasi KMSPico sebagai suatu virus dan menghalangi kerjanya.
  • Khusus untuk pengguna antivirus Smadav maka juga harus memberikan izin untuk eksekusi Windows Script Host yang akan dibuat disable jika menggunakan software antivirus smadav. Caranya ialah klik kanan pada gambar icon Smadav yang ada di taskbar icon di sisi bagian kanan bawah, lalu klik Allow Windows Script & Office Macro secara Permanen  atau Allow Windows Script & Office Macro secara Until Restart.
  • Apabila memilih opsi Permanent, maka Windows Script Host nya akan diaktifkan secara enable selamanya, tapi apabila  memilih opsi Until Restart, maka pengaktifan Windows Script hanya akan berlaku sampai komputer melakukan restart ataupun dimatikan.
  • Lalu ekstrak aplikasi KMS Auto Lite yang telah didownload tadi. Jika di cek maka pada folder nya akan ditemukan dua buah file, yakni file KMSAuto X64 dan file KMSAuto. Jalankan dan pilih sesuai dengan arsitektur Windows yang digunakan pada masing-masing komputernya. Jika komputer mempergunakan Windows 64 Bit, maka pilih dan jalankan file KMSAuto X64, namun apabila jenis komputernya adalah tipe 32 Bit maka pilih dan jalankan file KMSAuto dengan cara klik kanan pada filenya. 
  • Pastikan untuk menjalankan program KMS Auto Lite dengan hak akses sebagai administrator atau Run as administrator.
  • Lalu saat ada jendela muncul secara pop up di KMS Auto Lite, lakukan klik pada opsi Install GVLK. 
  • Kemudian checklist Forcibly 
  • Selanjutnya klik Windows key guna memasang produk key Windows 10 telah yang didapat dari KMS Auto Lite.
  • Jika berhasil maka selanjutnya akan muncul keterangan bertuliskan KEY INSTALLED SUCCESSFUL.
  • Lalu klik menu Activate Windows guna mengaktifkan Windows 10 yang akan digunakan.
  • Kemudian tunggu beberapa saat hingga proses aktivasi selesai, dan lalu akan muncul keterangan ACTIVATION SUCCESSFUL. Ini berarti proses activate Windows 10 menggunakan KMS Auto Lite telah selesai dan berhasil digunakan. 

Begitulah cara aktivasi windows 10  yang bisa dicoba sendiri, dengan mudah. Cara tersebut juga bisa dilakukan untuk aktivasi OS windows seri sebelumnya, seperti OS windows 8.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *