Mau Update Windows 10? Simak 4 Cara Paling Mudah Ini yuk!

Edtekno.com – Mau Update Windows 10? Mungkin sebagian dari kita masih ada yang bingung. Sebagai pengguna komputer, tentu Anda sudah tidak asing dengan sistem Windows. Ada berbagai versi sistem Windows dari dulu hingga sekarang. Saat ini, versi sistem Windows yang terbaru adalah Windows 10. Jika Anda belum memiliki sistem Windows yang terbaru, ada baiknya jika Anda segera melakukan update Windows 10. Mengapa dan bagaimana cara update windows 10 paling mudah? Simak langkah-langkahnya berikut di bawah ini.

update windows 10

Mengapa harus update Windows 10?

Sebelum melangkah lebih jauh mengenai tata cara update Windows, mengapa Anda disarankan untuk melakukan update Windows? Alasan utamanya berkaitan dengan performa sistem Windows yang akan dijalankan di PC Anda. Windows 10, adalah versi terbaru dari sistem Windows yang ada saat ini. Versi ini juga dapat dikatakan sebagai versi yang paling stabil dibandingkan versi-versi sebelumnya yang pernah muncul, seperti Windows 7, Windows 8, atau Windows 8.1. Selain paling stabil, Windows 10 juga termasuk ke dalam versi yang paling aman.

update windows 10

Anda juga dapat menemukan berbagai macam fitur-fitur baru pada versi ini. Fitur-fitur tersebut adalah Microsoft Edge dan Cortana. Kedua fitur ini digadang-gadang menjadi dua fitur yang mampu membuat performa PC Anda menjadi lebih handal. Oleh karena itu, jika Anda ingin memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh PC atau komputer Anda, Anda sangat disarankan untuk melakukan update Windows 10.

Namun, meskipun Windows 10 adalah yang terbaik saat ini, bukan berarti sistem ini tanpa cela. Penelitian dan pengembangan masih selalu dilakukan oleh pihak perusahaan Microsoft untuk menciptakan sistem yang lebih baik dari waktu ke waktu.

Adanya update Windows 10 juga memungkinkan Anda, sebagai pengguna sistem Windows semakin terbantu oleh fitur-fitur baru yang dirilis oleh pihak Microsoft. Tentu Anda tidak ingin ketinggalan menggunakan fitur-fitur tersebut bukan?

windows 10

Cara update windows 10

Setelah Anda memahami pentingnya melakukan update Windows 10 pada komputer atau PC Anda. Jika Anda masih pengguna baru dan tidak tahu-menahu mengenai aplikasi dan pembaharuan komputer, Anda tidak perlu khawatir ketika ingin melakukan update Windows 10.

Artikel di bawah ini akan memberikan penjelasan lengkap dan detail kepada Anda mengenai cara update windows 10 yang harus Anda ikuti agar dapat berhasil dalam melakukan pembaharuan sistem PC Anda. Apa saja langkah-langkah tersebut? Berikut ini adalah ulasannya!

update windows 10

Update Windows 10 via Update Assistant

Update Assistant merupakan salah satu fitur bantuan yang dapat Anda gunakan pertama kali untuk melakukan update Windows 10. Cara ini juga merupakan cara paling mudah diantara cara-cara yang lainnya.

Namun, sebelum menggunakan fitur bantuan yang secara otomatis sudah ada di PC Anda ini, Anda harus memastikan jika Anda memiliki koneksi internet yang stabil dan memadai.

Koneksi internet yang stabil akan memudahkan Anda dalam mengunduh file update Windows yang ukurannya bisa mencapai 4GB. Setelah memastikan koneksi internet cukup memadai dan stabil, langkah berikutnya untuk melakukan update Windows 10 dapat dilihat melalui poin-poin berikut:

  • Buka situs terpercaya untuk melakukan unduhan file sistem Windows 10 yang terbaru
  • Setelah file tersebut terunduh, buka dan segera lakukan instalasi file unduhan.
  • Ketika instalasi telah selesai dilakukan, Anda bisa langsung menjalankan Update Assistant untuk memulai proses pembaharuan pada sistem PC Anda. Jika Anda tidak ingin mengalami resiko kehilangan data-data penting pada PC Anda, ada baiknya jika Anda membuat salinan file-file penting tersebut terlebih dahulu sebelum menjalankan proses pembaharuan.
  • Setelah proses pembaharuan terhadap sistem Windows di PC Anda telah selesai dilaksanakan, biasanya PC akan segera mengalami restart secara otomatis. Setelah PC Anda hidup kembali, maka Anda dapat menemukan bahwa sistem Windows Anda sudah terupdate menjadi sistem yang baru dengan melihat adanya fitur-fitur baru yang muncul pada perangkat.

Update Windows 10 via Windows Update

Cara mudah lainnya selain menggunakan Update Assistant adalah dengan menggunakan fitur Windows Update. Fitur ini juga termasuk fitur bawaan sistem operasi di PC Anda, sehingga Anda tidak perlu mengunduhnya tersendiri.

Biasanya, jika Anda mengaktifkan sistem Windows Update pada perangkat Anda, maka fitur ini akan memberikan pemberitahuan mengenai kapan waktu terbaik bagi perangkat Anda untuk melakukan pembaharuan.

Namun, jika Anda segera ingin melakukan update Windows tanpa menunggu notifikasi terlebih dahulu, ada langkah-langkah yang harus Anda lalui di bawah ini.

  • Pada menu pengaturan perangkat Anda, Anda bisa menemukan fitur periksa ketersediaan pembaruan. Anda bisa cek fitur tersebut dengan cara mengkliknya untuk melihat apakah update Windows 10 sudah muncul atau belum.
  • Jika sudah ada pembaharuan, maka Anda dapat segera melakukan pengunduhan otomatis file pembaharuan tersebut untuk kemudian dilakukan instalasi langsung.
  • Restart PC Anda setelah proses update selesai dijalankan.

Update Windows 10 via Media Creation Tool

Berbeda dengan dua cara sebelumnya, dimana fiturnya dapat ditemukan langsung di dalam PC Anda tanpa mengunduhnya dari sumber eksternal, Media Creation Tool adalah sebaliknya. Jika Anda hendak menggunakan cara ini untuk melakukan pembaharuan sistem operasi di perangkat Anda, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengunduh file Media Creation Tool.

Setelah file tersebut terinstal secara sempurna di perangkat Anda, Anda bisa mulai membuka aplikasi tersebut dan menekan tombol “Upgrade this PC now” pada layar aplikasi Media Creation Tool. Aplikasi ini akan secara otomatis melakukan pengunduhan file-file sistem operasi yang perlu diperbaharui.

Anda juga bisa memilih untuk tetap menyimpan file-file pribadi agar tidak menghilang begitu saja setelah proses pembaharuan sistem Windows 10 selesai dilaksanakan. Dengan memanfaatkan aplikasi Media Creation Tool, Anda akan mendapati bahwa aplikasi ini sangatlah mudah untuk digunakan dan dijalankan oleh siapa saja, meskipun itu adalah orang-orang yang tidak paham ilmu komputer sekalipun.

Update Windows 10 via Microsoft Update Catalog

Microsoft Update Catalog menjanjikan Anda untuk memberikan pembaharuan yang aman dan legalitasnya terjamin. Melakukan pembaharuan melalui website ini juga cukup mudah untuk dilakukan. Langkah-langkah yang dapat Anda ikuti adalah sebagai berikut:

  • Kunjungi situs Microsoft Update Catalog pada https://www.catalog.update.microsoft.com/Home.aspx
  • Pada situs tersebut, Anda bisa melakukan input nama file yang ingin Anda perbaharui di kolom pencarian. Untuk mengupdate Windows 10 sendiri, masukkan kode berikut KB4048955
  • Secara otomatis, situs akan menampilkan daftar file yang perlu Anda unduh ke perangkat Anda. Unduh file-file tersebut dan lakukan penginstalan di perangkat Anda

Yang perlu diperhatikan ketika melakukan update Windows 10 melalui Microsoft Update Catalog ini adalah proses penginstalan harus dilakukan melalui command prompt jika ekstensi file unduhan Anda berupa CAB. Namun, jika ekstensi file unduhan Anda adalah MSU, maka proses penginstalan akan lebih mudah untuk dijalani, yaitu hanya dengan mengklik dua kali file unduhan tersebut.

Apapun cara update windows 10 yang Anda pilih di atas, pastikan selalu untuk melakukan restart perangkat Anda segera setelah penginstalan selesai dilakukan. Restart memang biasanya akan membutuhkan waktu yang lebih lama dari biasanya jika restart dilakukan setelah memperbaharui sistem operasi dari perangkat. Namun, guna proses restart ini adalah menggenapi proses update yang dilakukan di perangkat Anda, sehingga sangat penting untuk diperhatikan dan dilakukan. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *