Begini 5 Langkah Praktis Menggabungkan File PDF. Mau Coba?

Edtekno.com – Saat ini seorang mahasiswa sudah dihadapkan dengan berbagai tugas baik itu secara online dan offline. Menggabungkan file pdf menjadi satu pun menjadi skill yang harus dikuasai mahasiswa. Banyak tugas yang mengharuskan mahasiswa untuk memiliki keterampilan di bidang microsoft word karena sudah banyak dosen yang tidak menerima tulisan tangan namun memilih ketikan komputer.

Microsoft word sendiri merupakan program pengetikan yang paling populer saat ini program ini bahkan sangat sering dipakai oleh mahasiswa untuk mengerjakan tugas hingga skripsi. Beberapa seri dari microsoft word sudah memiliki fitur untuk mengubah jenis dokumen dari format doc ke format pdf. Namun, apabila perangkatmu tidak didukung untuk melakukan hal tersebut kamu tidak perlu khawatir. Saat ini banyak tersedia aplikasi pihak ketiga yang memudahkan kita untuk mengubah file dari word ke pdf hingga menggabungkannya. Lalu bagaimana cara menggabungkan file pdf?

menggabungkan file pdf

Sebelum mengetahui caranya, akan lebih baik bagi kita untuk mengetahui banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan menggabungkan file pdf.  Manfaat tersebut diantaranya memudahkan kita untuk melakukan proses pengiriman dokumen yang mengharuskan kita menggabungkan beberapa file. Selain itu dengan menggabungkan file pdf juga akan sangat memudahkan kamu untuk mengecek berkas yang diperlukan dibandingkan dengan membuka file berkas satu per satu. 

PDF merupakan kependekan dari Portable Document Format merupakan jenis file yang dikembangkan oleh perusahaan Adobe System bertujuan untuk memudahkan pengiriman dalam jenis 2D. File PDF sendiri akan menampilkan file seperti teks, gambar hingga grafik vektor 2D. Saat ini sudah cukup banyak penggunaan format file PDF di sekitar kita, bahkan buku elektronik pun sudah cukup banyak yang menggunakan format jenis file ini. 

Langkah Menggabungkan File PDF dengan Adobe Reader

Sebagai tipe dokumen besutan adobe tentu saja adobe juga mengembangkan proses penggabungan file ini. Kamu bisa menggunakan adobe reader untuk menggabungkan beberapa file PDF. Langkah – langkahnya pun cukup mudah. Kamu hanya perlu menginstal adobe reader, jika sudah terinstal maka langkah selanjutnya dengan memilih bagian tab Tools yang terletak di bagian pojok sebelah kiri aplikasi. Kemudian pilih combine files, lalu selanjutnya pilih add files yang biasanya berwarna biru disini kamu bisa memilih file yang akan kamu gabungkan dan jika sudah selesai kamu bisa memilih pilihan combine.

Nah, sekarang file pdfmu sudah selesai digabungkan dan kamu bisa menyimpannya melalui pilihan di tab file kemudian pilih save as. Mudah sekali bukan cara menggabungkan file pdf dengan Adobe Reader?

Langkah Menggabungkan File PDF dengan Foxit Reader

Aplikasi lain yang bisa kamu gunakan untuk menggabungkan file pdf adalah Foxit reader saat ini aplikasi ini berganti nama menjadi Foxit Phantom PDF. Aplikasi ini juga cukup populer dan sudah banyak dipakai oleh masyarakat. Cara menggabungkan file dengan foxit reader juga cukup mudah, pertama kamu bisa memilih tab file yang ada di aplikasi foxit reader lalu selanjutnya pilih create dan pilih pilihan from multiple files.

Tunggu sebentar hingga jendela baru muncul untuk selanjutnya kamu bisa pilih merge multiple files into one single PDF File. Nah, pada tahapan ini kamu sudah bisa menambahkan file pdf yang kamu butuhkan dengan memilih opsi add files lalu gabungkan file tersebut dan unggah ke foxit reader. Jika semua file yang kamu perlukan sudah terupload maka langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan dengan mengurutkan dan bisa pilih convert maka dokumenmu selesai dikerjakan. Setelah mengatur pada bagian convert selanjutnya kamu bisa mengatur tempat dimana kamu akan menyimpan filemu tersebut. 

Cara Menggabungkan File PDF dengan Icecream PDF Split & Merge

Jika sebelumnya sudah disebutkan berbagai cara untuk menggabungkan file pdf secara offline, selanjutnya kamu bisa juga menggabungkan file secara online. Salah satu aplikasi online yang dapat kamu gunakan adalah Icecream pdf split and merge. Cara menggunakannya pun cukup mudah. Pertama, kamu perlu mengunduh aplikasi ini terlebih dahulu dan memasangnya ke dalam perangkat komputer milikmu. Jangan lupa juga untuk menghilangkan pilihan centang pada bagian instalasi perangkat lunak yang kamu pakai.

Setelah program sudah terinstal kamu bisa menggunakannya dengan memilih opsi add file dan menggabungkan file dokumen yang kamu inginkan. Kamu bisa menyortir dan mengurutkannya sesuai keinginan. Aplikasi ini juga memungkinkan kita untuk memberikan sandi pada berkas yang kita gabungkan. Tentunya pilihan ini sangat berguna jika kita ingin mengamankan file. Jika kamu sudah merasa selesai dan dokumen yang digabungkan sudah benar maka kamu bisa memilih opsi merge dan dokumenmu sudah selesai digabungkan. 

Cara Menggabungkan File PDF dengan Smallpdf.com

Smallpdf.com merupakan pilihan bagi kamu yang malas untuk menginstal dan memasang aplikasi terlebih dahulu. Smallpdf juga tergolong cukup lengkap selain memungkinkan untuk menggabungkan file pdf aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengubah pdf menjadi format gambar bahkan juga bisa digunakan untuk memisahkan file pdf. Cukup lengkap bukan? Cara menggabungkan file pdf dengan smallpdf dapat dilakukan  dengan mengunjungi website smallpdf.com lalu kamu bisa memilih file pdf yang ingin kamu gabungkan melalui pilihan “drop pdf here” dengan menyeretnya ke bagian jendela smallpdf.com setelah semua berkas sudah terkumpul maka kamu bisa memilih merge PDF untuk menggabungkan semua pdf dan menyimpannya dalam perangkat dengan memilih pilihan download. 

Cara Menggabungkan File PDF dengan Nitro PDF

Perangkat lunak lain yang bisa kamu gunakan untuk menggabungkan file pdf adalah nitro pdf. Namun, kekurangan piranti ini bukan sebuah piranti perangkat lunak gratis. Kamu harus membayarnya untuk menikmati aplikasinya. Tapi, jangan khawatir kamu bisa mencobanya selama beberapa hari dengan versi trial. Karena software ini merupakan software berbayar tentu saja perangkat ini memiliki berbagai kelebihan. Langkah yang perlu kamu lakukan, pertama kamu perlu mengunduh dan memasang aplikasi ini terlebih dahulu di perangkat komputer yang kamu miliki. Selanjutnya kamu bisa menggunakan versi trial aplikasi ini selama 14 hari. Namun, jika kamu masih ingin menggunakannya terus menerus kamu harus memiliki versi berbayar dari aplikasi ini.

Setelah selesai proses pengunduhan, kamu bisa membuka aplikasi ini di perangkat komputermu lalu memilih file yang ingin kamu gabungkan. Kamu juga bisa menggunakan shorcut shift dan klik kiri pada dokumen yang kamu pilih untuk memindahkannya dalam satu folder khusus agar lebih mudah dalam pencarian file. Setelah itu kamu bisa masuk kembali ke dalam nitro pdf untuk memilih “combine files in nitroPDF”. Setelah selesai kamu bisa merapikannya sesuai urutan yang kamu kehendaki. Untuk menentukan kualitas pdf kamu bisa menggunakan pilihan print ready di bagian Make Pdf files. Selanjutnya, kamu bisa menyimpan file tersebut di bagian Save PDF to dan pilih Create untuk menyelesaikan perintah penggabungan file. Cukup mudah bukan sebenarnya cara menggabungkan file?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *